Senin, Agustus 19, 2013

CARA BELAJAR MEMAAFKAN @WIDIAYUNIAR

memaafkan adalah cinta yang hanya bisa muncul jika sang pemberi maaf sebelumnya tersakiti. memaafkan itu berarti belajar merelakan dan meneruskan hidup .memaafkan akan membebaskan sang pemberi maaf dari ikatan pahitnya hidup yang sebenarnya. tanpa memaafkan ,  dendam akan terus menghantui kehidupan kita. dalam merelakan ada kekuatan dan kebahagian didalamnya, percayalah akan hal ini .memaafkan merupakan bentuk cinta yang sulit. saat kita telah tersakiti dan terkadang begitu dalamnya, rasa hampir tidak bisa menahan murka;amarah; dan kesedihan itu. hasrat untuk membalas dendam terasa menarik, bahkan hampir menjadi sebuah gairah untuk memusnahkan mereka yang telah menyalahi kita. namun itu hanya memicu sakit untuk berulangkalinya. sebagian besar manusia bahkan hampir semuanya yang hidup dalam dunia ini pernah merasakan luka begitu dalam, semua hanya masalh waktu . lebih mudah memaafkan jika kita benar-benar menghadapi kenyataan bahwa, jika kita berada dalam posisi orang lain? mungkin kita juga pernah melakukan kesalahan yang membuat orang lain begitu merasakan kesakitan. dengan memaafkan, kita mengembalikan keyakinan diri kita akan inti sebuah kebaikan dalam hidup INSYA ALLAH :).
1. MEMAAFKAN MEREDAKAN DEPRESI
2. MEMAAFKAN MENEKAN SUASANA HATI DAN MENGURANGI AMARAH
3. MEMAAFKAN MENGURANGI HORMON STRES
4. MEMAAFKAN MENJAGA HUBUNGAN DEKAT

memaafkan menggantikan rasa sakit menjadi rasa damai.namun memaafkan bukanlah tindakan mudah karena memaafkan adalah proses pemahaman arti kehidupan yang sebenarnya, dan setiap manusia sulit untuk melakukan itu. pengampuanan  hanyalah suatu cara untuk memahami hidup .
cara untuk memaafkan orang yang menyakiti kita adalah :
1. memahami arti memaafkan sebenarnya
memafkan bukanlah : melupakan, menutup mata, membenarkan, mempercayai tanpa alasan
memaafkan adalah tindakan hebat, bukan tindakan cengeng dan lemah. untuk dapat memaafkan aka kita harus memahami apa yang sebenarnya terjadi yang sesuai dengan kenyataan , tanpa melihat aku benar atau salah. manusia ga ada yg sempurna :). mencoba memalikan muka dari rasa amarah, dengki kepahitan dan jenis perenungan. memang terlalu mudah menyalahkan dan mencari keslahan oranglain. mungkin mereka telah melakukan keslahan besar, meski begitu mereka masi memiliki sifat yang baik  :)
2. ketahuilah batasan dengki
merasa maraah saat seorang telah melukai anda ? dengki hanya mempersulit untuk memaafkan kesalahan orang lain .rasasakit yg terasa akan membutuhkan waktu untuk menyembuhkanya.akn tetapi jika terus mebenci orang yg menyakiti dan orang yngkita cintai, pd akhirnya akan menyakiti dirikita sendiri.
3. maafkanlah diri sendiri
memaafkan diri sendiri jauih lebih sulit daripada memafkan oranglain. karena butuh kejujuran dalam menilai pribadi diri sendiri :(
4. pikirkan lagi masa-masa lain
 ingatkah kejadian disaat anda berharap untuk dimaafkan?
5. memaafkan adalah sebuah proses.
memaafkan itu proses karen adlm memaafkankita tdk pernah melihat penyebabnya tapiu bagai mana kesalahan itu datang dan bagaimana kita menjadi lebih baik lagi . namanya manusia semua ga perfect broo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar